Kurikulum yang dilakasanakan di SMPN 3 Kadungora adalah Kurikulum 2013
Download Gratis RPP Berkarakter SMP/MTS dan Silabus Terbaru Lengkap Kelas 7 8 9 Semester 1 dan 2
Written By Edi Susilo Wadi on Kamis, 30 Mei 2013 | Kamis, Mei 30, 2013
Berikut Silabus Bahasa Inggris Berkarakter SMP kelas 7, 8, 9
Perangkat Pembelajaran yang lainnya
- KKM Kelas VII
- KKM Kelas VIII
- KKM Kelas IX
- SK KD Kelas VII
- SK KD Kelas VIII
- SK KD Kelas IX
- PROTA Kelas VII
- PROTA Kelas VIII
- PROTA Kelas IX
- PROMES Kelas VII
- PROMES Kelas VIII
- PROMES Kelas IX
- PEMETAAN Kelas VII
- PEMETAAN Kelas VIII
- PEMETAAN Kelas IX
Berikut RPP Matematika berkarakter SMP Kelas 7 8 dan 9
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII - 1
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII - 2
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII - 1
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII - 2
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX - 1
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX - 2
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester satu
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester dua
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester satu
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester dua
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester satu
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester dua
Selain Silabus dan RPP Matematika Berkarakter anda juga bisa mendownload perangkat pengajar yang lainnya :
RPP dan Silabus Seni Budaya Berkarakter dan Keterampilan SMP Kelas VII / IX Semester 1 dan 2
- RPP SBK Kelas VII Semester 1
- RPP SBK Kelas VII Semester 2
- RPP SBK Kelas VIII Semester 1
- RPP SBK Kelas VIII Semester 2
- RPP SBK Kelas IX Semester 1
- RPP SBK Kelas IX Semester 2
- Silabus SBK Kelas VII Semester 1
- Silabus SBK Kelas VII Semester 2
- Silabus SBK Kelas VIII Semester 1
- Silabus SBK Kelas VIII Semester 2
- Silabus SBK Kelas IX Semester 1
- Silabus SBK Kelas IX Semester 2
RPP dan Silabus TIK (Teknik Informasi dan Komunikasi) Berkarakter SMP Semester 1 dan 2
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 7 Semester Satu
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 7 Semester Dua
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 8 Semester Satu
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 8 Semester Dua
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 9 Semester Satu
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 9 Semester Dua
RPP Matematikaberkarakter SMP Kelas 7 8 9 Semester ganjil dan genap
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII Semester 1
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII Semester 2
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII Semester 1
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII Semester 2
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX Semester 1
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX Semester 2
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester satu
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester dua
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester satu
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester dua
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester satu
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester dua
RPP dan Silabus Bahasa Inggris Berkarakter SMP
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1 & 2
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1 & 2
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1 & 2
RPP dan Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP/MTS Kelas VII VIII IX Semester satu dan dua
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
RPP dan Silabus Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP PJOK Kelas Tujuh Semester Satu
- RPP PJOK Kelas Tujuh Semester Dua
- RPP PJOK Kelas Delapan Semester Satu
- RPP PJOK Kelas Delapan Semester Dua
- RPP PJOK Kelas Sembilan Semester Satu
- RPP PJOK Kelas Sembilan Semester Dua
- Silabus PJOK Kelas Tujuh Semester Satu
- Silabus PJOK Kelas Tujuh Semester Dua
- Silabus PJOK Kelas Delapan Semester Satu
- Silabus PJOK Kelas Delapan Semester Dua
- Silabus PJOK Kelas Sembilan Semester Satu
- Silabus PJOK Kelas Sembilan Semester Dua
RPP dan Silabus IPA Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
RPP dan Silabus IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
RPP dan Silabus PAI Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
RPP dan Silabus PKn Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
Namun
perlu diingat bahwa sebagaimana pun perubahan perangkat mengajar, aka
tetapi tidak diimbangi dengan adanya niat pendidik yang lebih kreatif
legi yang lebih mendidik lagi selain mengajar/menyampaikan materi juga
di imbangi dengan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi,mudah mudahan dengan contoh silabus dan berkarakter smp dapat membantu anda dalam menyusun rpp anda. RPP Berkarakter SMP
Download Kurikulum 2013 untuk SMP
Labels:
kurikulum
Sudah punya kurikulum 2013 untuk SMP (lengkap)? Blog Penelitian Tindakan Kelas dan Model Pembelajaran ingin membagi link download di artikel ini. Sebelumnya kami telah menyediakan pula link download Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Yuk diunduh biar tak ketinggalan informasi.
Kurikulum 2013 untuk SMP (versi lengkap)
Organisasi Kompetensi, Tujuan Satuan Pendidikan, dan Struktur Kurikulum
A. Organisasi Kompetensi
Mata pelajaran adalah unit organisasi terkecil dari Kompetensi Dasar.
Untuk kurikulum SMP/MTs, organisasi Kompetensi Dasar dilakukan dengan
cara mempertimbangkan kesinambungan antarkelas dan keharmonisan
antarmata pelajaran yang diikat dengan Kompetensi Inti. Berdasarkan
pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran
sehingga Struktur Kurikulum SMP/MTs menjadi lebih sederhana karena
jumlah mata pelajaran dan jumlah materi berkurang.
Substansi muatan lokal termasuk bahasa daerah diintegrasikan ke dalam
mata pelajaran Seni Budaya. Substansi muatan lokal yang berkenaan dengan
olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Sedangkan Prakarya
merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri.
B. Tujuan Satuan Pendidikan
Penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yang
dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang
Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan bertujuan membangun landasan
bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang:
a. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur;
b. berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif;
c. sehat, mandiri, dan percaya diri; dan
d. toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.
C. Struktur Kurikulum dan Beban Belajar
Struktur Kurikulum 2013 untuk SMP dan MTs Menurut Kurikulum 2013
1. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam
bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum,
dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban
belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap
siswa. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep
pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban
belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem
belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem
semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem
pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.
Struktur kurikulum juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum
mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu
satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan
ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka
harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur
ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan
berbagai pilihan.
Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur
kurikulum diatas, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler SMP/MTs antara
lain Pramuka (Wajib), Organisasi Siswa Intrasekolah, Usaha Kesehatan
Sekolah, dan Palang Merah Remaja.
Mata pelajaran Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya
dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas
mata pelajaran Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan,
dan Prakarya adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan
oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh
pemerintah daerah.
Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan
kebutuhan peserta didik pada satuan pendidikan tersebut.
Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dikembangkan sebagai
mata pelajaran integrative science dan integrative social studies, bukan
sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan
berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan
belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung
jawab terhadap lingkungan sosial dan alam. Disamping itu, tujuan
pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial menekankan pada pengetahuan tentang
bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme, serta aktivitas masyarakat
di bidang ekonomi dalam ruang atau space wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia. Ilmu Pengetahuan Alam juga ditujukan untuk
pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan
berbagai keunggulan wilayah nusantara.
Seni Budaya terdiri atas empat aspek, yakni seni rupa, seni musik, seni
tari, dan seni teater. Masing-masing aspek diajarkan secara terpisah dan
setiap satuan pendidikan dapat memilih aspek yang diajarkan sesuai
dengan kemampuan (guru dan fasilitas) pada satuan pendidikan itu.
Prakarya terdiri atas empat aspek, yakni kerajinan, rekayasa, budidaya,
dan pengolahan. Masing-masing aspek diajarkan secara terpisah dan setiap
satuan pendidikan menyelenggarakan pembelajaran prakarya paling sedikit
dua aspek prakarya sesuai dengan kemampuan dan potensi daerah pada
satuan pendidikan itu.
2. Beban Belajar
Beban belajar di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam belajar SMP/MTs adalah 40 menit.
Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam belajar per minggu
dari semula 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing
kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam belajar
di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi
Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses
pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Proses pembelajaran
siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran
penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk
melakukan pengamatan, menanya, asosiasi, menyaji, dan komunikasi. Proses
pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran dalam
menunggu respon peserta didik karena mereka belum terbiasa.Selain itu,
bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses
dan hasil belajar.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
A. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam
bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan
pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan
tertentu,gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam
aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan
psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang
sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan
kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising
element)Kompetensi Dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti
merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal
Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah
keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang
pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar
yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang
dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten
Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar
dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas
yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu
berkenaan dengan sikap keagamaan (Kompetensi Inti 1), sikap sosial
(Kompetensi Inti 2), pengetahuan (Kompetensi Inti 3), dan penerapan
pengetahuan (Kompetensi Inti 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari
Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa
pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap
keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect
teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan
(Kompetensi Inti 3) dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4).
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap
kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah
konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan
ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai
peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan
karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata
pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai
kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan
disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme
dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang
dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang
diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresifisme, atau
pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah
eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi, maka nama mata
pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan
tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran
dimuat dalam dokumen ini adalah:
1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti
a. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
b. Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
c. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
d. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
e. Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
f. Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti
2. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
4. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika
5. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam
6. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris
8. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Seni Budaya
9. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
10. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Prakarya
Download Kurikulum 2013 untuk SMP (versi lengkap) berisi Kompetensi Inti, Kompetensi dasar dan Penjelasan
Nah pada postingan sebelumnya saya sudah membagikan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 revisi 2018, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP K13 SMP/Mts REVISI 2018 SEMUA MAPEL DOWLOAD GRATIS Komplit. RPP di dalamnya sudah yang terbaru dan memuat kecakapan abad 21.
Silakan uduh RPP K13 SMP/Mts REVISI 2018 SEMUA MAPEL DOWLOAD GRATIS Komplit dari kelas 7, 8, dan 9 di bawah ini !
PERANGKAT PEMBELAJARAN KELAS 7
- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Pendidikan Agama Katolik da Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- PPKn kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Bahasa Inggris kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Matematika kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- IPA kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- IPS kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- PJOK kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Seni Budaya kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Prakarya kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
PERANGKAT PEMBELAJARAN KELAS 8
Berikut Silabus Bahasa Inggris Berkarakter SMP kelas 7, 8, 9
Perangkat Pembelajaran yang lainnya
- KKM Kelas VII
- KKM Kelas VIII
- KKM Kelas IX
- SK KD Kelas VII
- SK KD Kelas VIII
- SK KD Kelas IX
- PROTA Kelas VII
- PROTA Kelas VIII
- PROTA Kelas IX
- PROMES Kelas VII
- PROMES Kelas VIII
- PROMES Kelas IX
- PEMETAAN Kelas VII
- PEMETAAN Kelas VIII
- PEMETAAN Kelas IX
Berikut RPP Matematika berkarakter SMP Kelas 7 8 dan 9
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII - 1
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII - 2
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII - 1
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII - 2
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX - 1
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX - 2
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester satu
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester dua
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester satu
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester dua
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester satu
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester dua
Selain Silabus dan RPP Matematika Berkarakter anda juga bisa mendownload perangkat pengajar yang lainnya :
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII - 1
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII - 2
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII - 1
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII - 2
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX - 1
RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX - 2
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester satu
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester dua
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester satu
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester dua
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester satu
Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester dua
Selain Silabus dan RPP Matematika Berkarakter anda juga bisa mendownload perangkat pengajar yang lainnya :
RPP dan Silabus Seni Budaya Berkarakter dan Keterampilan SMP Kelas VII / IX Semester 1 dan 2
RPP dan Silabus TIK (Teknik Informasi dan Komunikasi) Berkarakter SMP Semester 1 dan 2
RPP Matematikaberkarakter SMP Kelas 7 8 9 Semester ganjil dan genap
RPP dan Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP/MTS Kelas VII VIII IX Semester satu dan dua
RPP dan Silabus Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
RPP dan Silabus IPA Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
RPP dan Silabus PKn Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
Namun perlu diingat bahwa sebagaimana pun perubahan perangkat mengajar, aka tetapi tidak diimbangi dengan adanya niat pendidik yang lebih kreatif legi yang lebih mendidik lagi selain mengajar/menyampaikan materi juga di imbangi dengan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi,mudah mudahan dengan contoh silabus dan berkarakter smp dapat membantu anda dalam menyusun rpp anda. RPP Berkarakter SMP
Sudah punya kurikulum 2013 untuk SMP (lengkap)? Blog Penelitian Tindakan Kelas dan Model Pembelajaran ingin membagi link download di artikel ini. Sebelumnya kami telah menyediakan pula link download Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Yuk diunduh biar tak ketinggalan informasi.
Substansi muatan lokal termasuk bahasa daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya. Substansi muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Sedangkan Prakarya merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri.
a. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur;
b. berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif;
c. sehat, mandiri, dan percaya diri; dan
d. toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.
1. Struktur Kurikulum
Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.
Struktur kurikulum juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan.
Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum diatas, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler SMP/MTs antara lain Pramuka (Wajib), Organisasi Siswa Intrasekolah, Usaha Kesehatan Sekolah, dan Palang Merah Remaja.
Mata pelajaran Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, dan Prakarya adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan peserta didik pada satuan pendidikan tersebut.
Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam. Disamping itu, tujuan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial menekankan pada pengetahuan tentang bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme, serta aktivitas masyarakat di bidang ekonomi dalam ruang atau space wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ilmu Pengetahuan Alam juga ditujukan untuk pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan berbagai keunggulan wilayah nusantara.
Seni Budaya terdiri atas empat aspek, yakni seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater. Masing-masing aspek diajarkan secara terpisah dan setiap satuan pendidikan dapat memilih aspek yang diajarkan sesuai dengan kemampuan (guru dan fasilitas) pada satuan pendidikan itu.
Prakarya terdiri atas empat aspek, yakni kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan. Masing-masing aspek diajarkan secara terpisah dan setiap satuan pendidikan menyelenggarakan pembelajaran prakarya paling sedikit dua aspek prakarya sesuai dengan kemampuan dan potensi daerah pada satuan pendidikan itu.
2. Beban Belajar
Beban belajar di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam belajar SMP/MTs adalah 40 menit.
Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam belajar per minggu dari semula 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam belajar di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk melakukan pengamatan, menanya, asosiasi, menyaji, dan komunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran dalam menunggu respon peserta didik karena mereka belum terbiasa.Selain itu, bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element)Kompetensi Dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (Kompetensi Inti 1), sikap sosial (Kompetensi Inti 2), pengetahuan (Kompetensi Inti 3), dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (Kompetensi Inti 3) dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4).
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran dimuat dalam dokumen ini adalah:
1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti
a. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
b. Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
c. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
d. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
e. Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
f. Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti
2. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
4. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika
5. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam
6. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris
8. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Seni Budaya
9. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
10. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Prakarya
PERANGKAT PEMBELAJARAN KELAS 7
- RPP SBK Kelas VII Semester 1
- RPP SBK Kelas VII Semester 2
- RPP SBK Kelas VIII Semester 1
- RPP SBK Kelas VIII Semester 2
- RPP SBK Kelas IX Semester 1
- RPP SBK Kelas IX Semester 2
- Silabus SBK Kelas VII Semester 1
- Silabus SBK Kelas VII Semester 2
- Silabus SBK Kelas VIII Semester 1
- Silabus SBK Kelas VIII Semester 2
- Silabus SBK Kelas IX Semester 1
- Silabus SBK Kelas IX Semester 2
RPP dan Silabus TIK (Teknik Informasi dan Komunikasi) Berkarakter SMP Semester 1 dan 2
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP TIK Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 7 Semester Satu
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 7 Semester Dua
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 8 Semester Satu
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 8 Semester Dua
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 9 Semester Satu
- Silabus TIK Berkarakter SMP Kelas 9 Semester Dua
RPP Matematikaberkarakter SMP Kelas 7 8 9 Semester ganjil dan genap
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII Semester 1
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VII Semester 2
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII Semester 1
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas VIII Semester 2
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX Semester 1
- RPP Matematika Berkarakter SMP Kelas IX Semester 2
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester satu
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 7 Semester dua
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester satu
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 8 Semester dua
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester satu
- Silabus Matematika Berkarakter SMP Kelas 9 Semester dua
RPP dan Silabus Bahasa Inggris Berkarakter SMP
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1 & 2
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1 & 2
- RPP Bahasa Inggris Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1 & 2
RPP dan Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP/MTS Kelas VII VIII IX Semester satu dan dua
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus Bahasa Indonesia Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
RPP dan Silabus Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP PJOK Kelas Tujuh Semester Satu
- RPP PJOK Kelas Tujuh Semester Dua
- RPP PJOK Kelas Delapan Semester Satu
- RPP PJOK Kelas Delapan Semester Dua
- RPP PJOK Kelas Sembilan Semester Satu
- RPP PJOK Kelas Sembilan Semester Dua
- Silabus PJOK Kelas Tujuh Semester Satu
- Silabus PJOK Kelas Tujuh Semester Dua
- Silabus PJOK Kelas Delapan Semester Satu
- Silabus PJOK Kelas Delapan Semester Dua
- Silabus PJOK Kelas Sembilan Semester Satu
- Silabus PJOK Kelas Sembilan Semester Dua
RPP dan Silabus IPA Ilmu Pengetahuan Alam Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP IPA Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- Silabus IPA Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
RPP dan Silabus IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP IPS Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- Silabus IPS Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
RPP dan Silabus PAI Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP PAI Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- Silabus PAI Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
RPP dan Silabus PKn Pendidikan Agama Islam Berkarakter SMP/MTS Kelas 7 8 9 Semester satu dan dua
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- RPP PKn Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 1
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 7 Semester 2
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 1
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 8 Semester 2
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 1
- Silabus PKn Berkarakter SMP Kelas 9 Semester 2
Namun perlu diingat bahwa sebagaimana pun perubahan perangkat mengajar, aka tetapi tidak diimbangi dengan adanya niat pendidik yang lebih kreatif legi yang lebih mendidik lagi selain mengajar/menyampaikan materi juga di imbangi dengan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi,mudah mudahan dengan contoh silabus dan berkarakter smp dapat membantu anda dalam menyusun rpp anda. RPP Berkarakter SMP
Download Kurikulum 2013 untuk SMP
Labels:
kurikulum
Kurikulum 2013 untuk SMP (versi lengkap)
Organisasi Kompetensi, Tujuan Satuan Pendidikan, dan Struktur Kurikulum
A. Organisasi Kompetensi
Mata pelajaran adalah unit organisasi terkecil dari Kompetensi Dasar. Untuk kurikulum SMP/MTs, organisasi Kompetensi Dasar dilakukan dengan cara mempertimbangkan kesinambungan antarkelas dan keharmonisan antarmata pelajaran yang diikat dengan Kompetensi Inti. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran sehingga Struktur Kurikulum SMP/MTs menjadi lebih sederhana karena jumlah mata pelajaran dan jumlah materi berkurang.Substansi muatan lokal termasuk bahasa daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Seni Budaya. Substansi muatan lokal yang berkenaan dengan olahraga serta permainan daerah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Sedangkan Prakarya merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri.
B. Tujuan Satuan Pendidikan
Penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah sebagaimana yang dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan bertujuan membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang:a. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur;
b. berilmu, cakap, kritis, kreatif, dan inovatif;
c. sehat, mandiri, dan percaya diri; dan
d. toleran, peka sosial, demokratis, dan bertanggung jawab.
C. Struktur Kurikulum dan Beban Belajar
Struktur Kurikulum 2013 untuk SMP dan MTs Menurut Kurikulum 2013 |
Struktur kurikulum menggambarkan konseptualisasi konten kurikulum dalam bentuk mata pelajaran, posisi konten/mata pelajaran dalam kurikulum, dostribusi konten/mata pelajaran dalam semester atau tahun, beban belajar untuk mata pelajaran dan beban belajar per minggu untuk setiap siswa. Struktur kurikulum adalah juga merupakan aplikasi konsep pengorganisasian konten dalam sistem belajar dan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran. Pengorganisasian konten dalam sistem belajar yang digunakan untuk kurikulum yang akan datang adalah sistem semester sedangkan pengorganisasian beban belajar dalam sistem pembelajaran berdasarkan jam pelajaran per semester.
Struktur kurikulum juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan.
Selain kegiatan intrakurikuler seperti yang tercantum di dalam struktur kurikulum diatas, terdapat pula kegiatan ekstrakurikuler SMP/MTs antara lain Pramuka (Wajib), Organisasi Siswa Intrasekolah, Usaha Kesehatan Sekolah, dan Palang Merah Remaja.
Mata pelajaran Kelompok A adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, dan Prakarya adalah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.
Satuan pendidikan dapat menambah jam pelajaran per minggu sesuai dengan kebutuhan peserta didik pada satuan pendidikan tersebut.
Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science dan integrative social studies, bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Keduanya sebagai pendidikan berorientasi aplikatif, pengembangan kemampuan berpikir, kemampuan belajar, rasa ingin tahu, dan pengembangan sikap peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial dan alam. Disamping itu, tujuan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial menekankan pada pengetahuan tentang bangsanya, semangat kebangsaan, patriotisme, serta aktivitas masyarakat di bidang ekonomi dalam ruang atau space wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ilmu Pengetahuan Alam juga ditujukan untuk pengenalan lingkungan biologi dan alam sekitarnya, serta pengenalan berbagai keunggulan wilayah nusantara.
Seni Budaya terdiri atas empat aspek, yakni seni rupa, seni musik, seni tari, dan seni teater. Masing-masing aspek diajarkan secara terpisah dan setiap satuan pendidikan dapat memilih aspek yang diajarkan sesuai dengan kemampuan (guru dan fasilitas) pada satuan pendidikan itu.
Prakarya terdiri atas empat aspek, yakni kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan. Masing-masing aspek diajarkan secara terpisah dan setiap satuan pendidikan menyelenggarakan pembelajaran prakarya paling sedikit dua aspek prakarya sesuai dengan kemampuan dan potensi daerah pada satuan pendidikan itu.
2. Beban Belajar
Beban belajar di SMP/MTs untuk kelas VII, VIII, dan IX masing-masing 38 jam per minggu. Jam belajar SMP/MTs adalah 40 menit.
Dalam struktur kurikulum SMP/MTs ada penambahan jam belajar per minggu dari semula 32, 32, dan 32 menjadi 38, 38 dan 38 untuk masing-masing kelas VII, VIII, dan IX. Sedangkan lama belajar untuk setiap jam belajar di SMP/MTs tetap yaitu 40 menit.
Dengan adanya tambahan jam belajar ini dan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar, guru memiliki keleluasaan waktu untuk mengembangkan proses pembelajaran yang berorientasi siswa aktif belajar. Proses pembelajaran siswa aktif memerlukan waktu yang lebih panjang dari proses pembelajaran penyampaian informasi karena peserta didik perlu latihan untuk melakukan pengamatan, menanya, asosiasi, menyaji, dan komunikasi. Proses pembelajaran yang dikembangkan guru menghendaki kesabaran dalam menunggu respon peserta didik karena mereka belum terbiasa.Selain itu, bertambahnya jam belajar memungkinkan guru melakukan penilaian proses dan hasil belajar.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
A. Kompetensi Inti
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu,gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element)Kompetensi Dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (Kompetensi Inti 1), sikap sosial (Kompetensi Inti 2), pengetahuan (Kompetensi Inti 3), dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (Kompetensi Inti 3) dan penerapan pengetahuan (Kompetensi Inti 4).
B. Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresifisme, atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi, maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme.Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah yang merupakan satu kesatuan ide masing-masing mata pelajaran dimuat dalam dokumen ini adalah:
1. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Agama dan Budi Pekerti
a. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
b. Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
c. Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
d. Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
e. Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti
f. Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti
2. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
3. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia
4. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika
5. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam
6. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris
8. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Seni Budaya
9. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
10. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Prakarya
Download Kurikulum 2013 untuk SMP (versi lengkap) berisi Kompetensi Inti, Kompetensi dasar dan Penjelasan
Nah pada postingan sebelumnya saya sudah membagikan perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 9 revisi 2018, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan RPP K13 SMP/Mts REVISI 2018 SEMUA MAPEL DOWLOAD GRATIS Komplit. RPP di dalamnya sudah yang terbaru dan memuat kecakapan abad 21.
Silakan uduh RPP K13 SMP/Mts REVISI 2018 SEMUA MAPEL DOWLOAD GRATIS Komplit dari kelas 7, 8, dan 9 di bawah ini !
- Pendidikan Agama dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Pendidikan Agama Katolik da Budi Pekerti kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- PPKn kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Bahasa Indonesia kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Bahasa Inggris kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Matematika kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- IPA kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- IPS kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- PJOK kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Seni Budaya kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
- Prakarya kurikulum 2013 revisi 2017 lengkap
Tidak ada komentar:
Posting Komentar